-->

Mengenal Istilah Dalam Ekonomi



Hasil gambar untuk istilah ekonomi dan pengertiannya

Asalamualaikum,warohmatulohi,wabarakatu.

Selamat siang sobat semua, semoga selalu sehat dan sejahtera. Postingan Saya kali ini, adalah, istilah-istilah dalam ekonomi, yang setidaknya,akan menambah wawasan untuk sobat-sobat semua, ataupun bisa, dijadikan bahan.......? langsung aja dech.

Indeks Harga : suatu angka yang mengambarkan sampai sejauh mana perubahan harga-harga dalam perekonomian, dalam suatu tahun tertentu. jika dibandingkan dengan tingkat harga pada tahun dasar. yang menjadi dasar perbandingan indeks harga.

Indeks Harga Konsumen : menggambarkan perubahan/ kenaikan harga-harga barang konsumsi.

Indeks Harga Produsen : memgambarkan perubahan harga-harga barang pada ketika barang itu di jual oleh produsen-produsen.

Inflasi : Kenaikan harga-harga umum yang berlaku dalam suatu perekonomian dari satu priode ke priode lainya.

Tingkat Inflasi : persentasi  kenaikan harga-harga pada suatu tahun tertentu,berbanding dengan tahun sebelumnya.


Jumlah Kesempatan Kerja: jumlah tenaga kerja yang sedang bekerja untuk orang lain atau perusahaan dan untuk usaha milik sendiri secara sepenuh waktu. sedangkan tenaga buruh yang tidak bekerja atau sedang bekerja tetapi jumlah jam kerjanya terbatas, di golongkan sebagai pengangguran.

Kebijakan Makro Ekonomi: langkah-langkah pemerintah yang bertujuan untuk mempengaruhi, keseluruhan perekonomian.dengan tujuan untuk mempertinggi efisiensi kegiatan ekonomi.dan menghindari inflasi. mennciptakan pertumbuhan ekonomi yang teguh, dan memperkuat kedudukan sektor luar negeri.

Kebijakan Fiskal : usahan pemerintah mempengaruhi kegiatan ekonomi, dengan membuat perubahan dalam pengeluaran dan sistem perpajakan.

Kebijakan Moneter : langkah - langkah pemerintah yang dijalankan melalui bank sentral, untuk mempengaruhi kegiata perekonomian, dengan membuat perubahan dalam penawaran uang dan suku bunga.

Kebijakan Segi Penawaran: langkah pemerintah yang berusaha meningkatkan efisiensi kegiatan perusahaan- perusahaan dan tenaga kerja, sehingga produksi nasional dapat ditingkatkan,biaya produksi dikurangkan dan tehnologi semakin berkembang.

Keseimbangan Pendapatan Nasional: suatu keadaan dalam perekonomian dimana pengeluaran agregat( keinginan masyarakat untuk belanja) adalah sama dengan penawaran agregat(keinginan perusahaan-peruasahaan untuk mengeluarakan barang dalam perekonomian)

konjungtor: kenyataan yang berlaku dalam perekonomian yang menujukan bahwa kegiatan ekonomi tidak bekembang secara teratur,tetapi mengalami kenaikan atau kemunduran yang selalu berubag dari waktu ke waktu

gambaran grafik konjungtor


Neraca Pembayaran : informasi atau catatan ringkas yang menunjukan aliran keluar masuk diantara suatu negara kenegara - negara lain. dalam neraca pembayaran meliputi 3 aliran keuangan diantaranya berikut ini.ekspor dan impor barang nampak,ekspor dan impor jasa,dan aliran keluar masuk modal jangka pendek maupun modal jangka panjang.

Neraca Perdagangan; mengambarkan nilai ekspor dan impor barang serta perbedaanya dalm suatu tahun tertentu.

Pendapatan Nasional ( Produk Nasional) : nilai barang-barang dan jasa, yang dihasilkan suatu negara dalam suatu tahun tertentu.

Pendapatan Nasiona Pada Harga Berlaku : adalah pendapatan negara yang di hitung menurut harga-harga, yang dihitung pada tahun produksi nasionalnya.

Pendapatan Nasional Rill : adalah pendapatan nasional yang dihitung pada harga-harga pada tahun tertentu,yang berbeda dengan tahun dimana produksi nasionalnya dihitung.

Pendapatan Nasional Potensial : adalah pendapatan nasional yang diciptakan apabila perekonomian mencapai tingakat kesempatan kerja penuh.

Pendapatan Nasional Sebenarnya : nilai produksi nasional yang diwujudkan oleh kegiatan ekonomi pada suatu tahun tertentu.


nah,,,,akhirnya sekian dulu postingan dari saya, semoga berguna dan bermanfaat..... 
LihatTutupKomentar