-->

Hal- Hal Apa Saja Yang Dapat Menyebabkan Laptop Hang? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya


1. Penyebab Laptop Hang Karena Kurangnya Memory Yang Tersedia

Salah satu penyebab laptop sering mengalami HANG. Adalah karena minimnya RAM yang terpasang . Jadi sok..!! coba agan-agan atau eneng-eneng cek kapasitas memory yang terpasang  pada laptop Agan-Agan or Eneng-Eneng. Untuk laptop sekelas intel premium 4 dengan OS Windowa Xp
dan aplikasi standar sebaiknya upgrade-lah memory menjadi 1 GB.

2. Penyebab Laptop Hang Karena Terlalu Banyak Program Yang Terinstal

 Coba periksa, program apa saja yang terinstall pada laptop kita. Dengan cara Klik Start, lalu klik control panel,selanjutnya klik program, kemudian klik Program and features, lalau pilih salah satu program yang menjadi accessories ( tidak terlalu dibutuhkan ) setelah itu klik Un-instal  dan untuk lebih jelasnya,berikut gambarnya di bawah ini.



     













3. Penyebab Laptop HANG Karena Terlalu Banyak Startup Program Dan  Service Yang Sedang Berjalan

Sama seperti point nomor 2, yang dimana semakin banyak program terinstal, maka semakin banyak pula program dan service yang akan berjalan ketika Windows Startup.

Nah untuk menonaktifkan startup program dan service yang sedang berjalan otomatis tersebut.
Maka masuklah ke "System Configuration Utility" dengan cara mengetik msconfig. Pada menu Run
kemudian pada tap service dan startup lakukan uncheck terhadap aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan. Untuk dapat melihat apa saja yang sedang berjalan . Kita dapat mengunakan Tool Prosesexplorer, dengan tool ini, kita dapat melihat dan menonaktifkan aplikasi apa saja yang tidak kita perlukan atau yang kita curigai sebagai Virus.

4. Penyebab Laptop HANG Karena Temporary File Yang Sudah Membengkak.

Penyebab laptop HANG bisa juga dikarenakan terlalu banyaknya file-file Temporary. Untuk Windows Xp lokasi file tersebut ada di:"C\:Documents and Setting\Nama_User\Lokal Setting\Temp" dan "C:\Windows\Temp".

Dan cara untuk membersihkanya. Delete-lah file-file yang terdapat pada kedua lokasi tersebut. Atau jalankanlah program Disk Cleanup. Dengan cara klik start Run dan ketik:"Cleanmgr"Lalu pilih drive yang akan di Cleanup.

5. Penyebab Laptop HANG Karena Terlalu Banyak Program Yang Berfungsi Sebagai "Security Program"

Security program, seperti program antivirus dan firewall adalah aplikasi tambahan yang harus ada pada laptop abang dan none. Tapi jangan terlalu banyak/ berlebihan menginstal program anti virus, 1 sudah lebih dari cukup.

Dan untuk masalah security windows, yang terpenting adalah sering melakukan update secara berkala. Aktifkan firewall dan gunakan antivirus yang tidak membebani laptop. Serta berhati - hatilah ketika mengunakan USB Flashdisk / Memory Card.

6. Penyebab Laptop HANG Karena Ada Masalah Pada Hardisk

Hardisk merupakan komponen terpenting. Seperti halnya RAM yang bisa menyebabkan laptop menjadi hang. Dan inilah tanda-tandanya laptop menjadi hang, yang disebabkan oleh hardisk
  • Hardisk low space
  • Hardisk yang terfragmentasi
  • Hardisk yang sudah termakan usia/lama, sehinga Rpm-menurun
  • Hardisk error / bad sector
Dan cara mengatasi laptop yang HANG, karena hardisk adalah
  • Upgrade kapasitas hardisk dengan cara menambah atau menganti hardisk
  • Lakukan defragmenter pada hardisk secara berkala
  • Bersihkan hardisk dar debu secara berkala minimal 6 bulan sekali dan hindari dari goncangan atau panas yang berlebih.
  • Perbaiki kerusakan pada hardisk dengan mengunakan tool checkdisk atau dengan cara manual seperti berikut:
  1. Buka Windows Explorer, klik kanan pada hardisk C->Properties->pilih "Tools"> Check Now.
  2. Centang "Scan for and attempt recovery of bad sector"
  3. Start

7. Penyebab Laptop HANG, Karena Adanya Virus, Malware atau Spyware Pada Laptop.

Apabila laptop kita sudah terserang virus atau malware. Maka sebaiknya jalankan Safe Mode pada Windows. Kemudian matikan fasilitas system restore dan gunakanlah program Virus Cleaner. Untuk membersihkan virus atau malware tersebut dan lakukan pula update pada sistem operasi.

8. Penyebab Laptop HANG. Bisa Karena System File Ada Yang Hilang Atau Corrupt.

Hal ini sering terjadi pada laptop yang sudah terinfeksi virus dan file-file tersebut terlanjur rusak atau terdelete oleh antivirus. Dan solusi yang paling mudah untuk memperbaiki hal tersebut adalah dengan cara merepair sistem operasi yang digunakan.

9. Penyebab Laptop HANG. Bisa karena hardware yang sudah terlalu panas.

Hardware yang terlalu panas bisa menyebabkan kinerja laptop menurun. secara umum, apabila terjadi overheat pada hardisk, maupun part lainya, bisa dipastikan pada akhirnya laptop akan sering mengalami HANG ATAU LAMBAT, bahkan sering restart. Untuk itu pastikan sirkulasi udara pada bagian dalam laptop berjalan dengan baik dan sering-seringlah membersihkan debu pada kipas laptop dan pastikan berputar dengan baik.

10. Penyebab Laptop HANG Karena Adanya Masalah Pada Konektifitas Jaringan.

Hal ini bisa saja terjadi karena jaringan yang padat dan sibuk,, atau switch /Hub mengalami error. Bisa juga karena ada virus yang mencoba masuk ke sistem laptop kita. Dan cara untuk mengatasi hal itu, coba lepas kabel konektor RJ45 Setelah itu coba pasangkan kembali konektor RJ45 pada LAN Card atau Roset LAN. Sekarang coba restart Swich /Hub dan gunakan program port scanner untuk melihat packet data apa saja yang masuk dan keluar dari laptop.

Oke ITULAH 10 HAL PENYEBAB LAPTOP MENJADI HANG, SAYA HARAP TULISAN INI BISA SEDIKIT MEMBANTU TEMAN-TEMAN YANG SEDANG MENGALAMI KENDALA HANG PADA LAPTOPNYA..... OKE SEKIAN DAN TERIMAH KASIH

LihatTutupKomentar