-->

Cara Cepat Membersihkan Keyboard PC

Banyak sekali orang yang memberikan perhatian lebih pada kebersihan sekitar dirinya, contohnya meja kerja, ruang kerja. tapi melupakan tempat yang paling kotor, yaitu justru ada di depan tangan mereka,!! Apaan coba? Itu adalah keybord komputer (PC) Atau netbook mereka. Dibandingkan dengan perlengkapan kerja lainya, keyboard merupakan salah satu alat yang paling sering banget kamu gunakan di kantor, tidak terkecuali mouse juga. Nah,, sebab itu kebersihanya harus tetap terjaga dong,,!!! Apalagi jika PC atau notebook kamu, sering dipakai oleh lebih dari satu orang.

Meskipun tidak terlihat, kotoran, yang menempel pada keyboard bisa saja berasal dari keringat dan debu. Dan jika dibiarkan lama-lama akan menebal dan menjadi sesuatu yang menjijikan. Dan tahukah kamu bahwa keyboard komputer atau laptop yang ada dirumah maupun di kantor, bisa saja menjadi gudangnya kuman yang dapat menimbulkan beragam penyakit. 

Bahkan menurut penelitian di inggris, bakteri yang ada pada keyboard lima kali lebih kotor dari toilet? Nah lo... Seorang ahli mikrobiologi James Francis menemukan fakta ini setelah menguji 33 keyboard, dudukan toilet dan gagang pintu toilet di sebuah kantor, ngeri banget yaaa.!!. 

Hasil tes sederhana ini memang tidak bisa disamakan untuk semua keyboard yang ada di dunia. Tetapi penelitian ini menunjukan bahwa rutinitas sehari-hari yang kamu pikir aman ternyata bisa menggangu kesehatan kamu. 

Keyboard mudah banget terkontaminasi kuman ketika kamu sering makan di meja kerja kamu dan umumnya banyak sisa–sisa makanan yang tidak di sengaja menempel pada keyboard kamu.

Dan inilah kiat-kiat cara membersihkan keyboard yang tepat dan clean tentunya. tetapi, sebelum itu siapkan dulu alat –alat untuk membersihkan keyboard. Seperti kuas,alcohol, lap bersih,dan lap basah, sikat gigi dan untuk membersihkan kotoron dibawah tombol kita membutuhkan obeng min kecil. 

Setelah semua alat sudah siap. Langsung saja kita mulai membersihkan keyboard 

1. bersihka kotoran yang tidak menempel / terslip di sela-sela tombol keyboard Cabut kabel keyboard pada komputer, lalu bersihkan area / sela- sela di sekitar tombol Keyboard dengan cara menggunakan kuas. 

2. Bersihkan Tombol keyboard. Bersihkan tombol keyboard dengan menggunakan alcohol, dengan cara memcelupkan kain / sikat gigi. Setalah itu gosok/sikat tombol keyboard dengan memgunakan alat itu hingga kotoron yang menempel pada tombol keyboard hilang / bersih. 

Membersihkan kotoran dibawah tombol keyboard Membersihkan kotoron dibawah tombol keyboard memang tidak bisa sembarangan di karenakan kita harus membongkar keyboard itu sendiri.tetapi sebelum itu sebaik cari tahu terlebih dahulu, apakah keyboard yang di gunakan bisa di lepas tombolnya? Kebanyakan keyboard moderen termasuk semua keyboard mekanis biasanya memeiliki tombol bisa di lepas. 

Untuk mempermudah anda saat membersihkanya. Cara membongkar tombol keyboard 

1.Siapkan obeng min untuk mencongkel tombol keyboard dan di mulai dari tombol ctrl yang berada di sebelah kanan bawah. Seperti gambar di bawah ini.


Setelah itu Congkel tombol sebelah kiri dengan cara yang sama di atas lalukan cara itu hingga tombol alt. Setelah itu anda bisa mengunakan jari-jari anda untuk mencongkel tombol keyboard hingga semua tombol terlepas. 

2.Setelah semua tombol terlepas maka gunakan kuas untuk membersihkan kororan yang berada dibawah tombol keyboard. Pasang kembali tombol keyboard Setelah memastikan semua bagian dalam keyboard bersih, maka saat nya anda untuk memasang tombol-tombol keyboard sesuai urutan dan posisinya. 

Jika anda bingung tentang urutan posisi tombol keyboard. Saya sarankan untuk googling untuk mencari gambar refrensi keyboard anda. Tetapi akan lebih baik sbelum anda membongkar keyboard. Anda foto terlebih dahulu keyboard anda.agar lebih mudah nantinya.
LihatTutupKomentar