-->

Fenomena Gerhana Matahari

Image result for terjadinya gerhana bulan dan matahari total
Salah satu fenomena yang menarik pada tahun ini adalah. peristiwa Gerhana Matahari Total . yang akan terjadi pada 9 Maret 2016.Dimana hal seperti ini bisa sangat langka(sekali seumur hidup).Sebab hanya terjadi dalam 33 tahun sekali.Dimana fenomena ini pernah terjadi sebelumnya, yaitu pada tahun 1983, dan akan terjadi lagi pada tanggal 9 maret tahun 2016 setelah itu anda bisa melihat kembali pada tahun 2049. ( jikalau anda masih hidup....?)

Image result for gerhana matahari total 2016

Gerhana Matahari terjadi pada saat posisi bulan terletak diantara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari.Walaupun bentuk bulan lebih kecil dibanding matahari, tetapi bayangan bulan mampu menutup cahaya matahari sepenuhnya.Disebabkan jarak bulan rata-rata 384.400 kilometer dari bumi . Lebih dekat dibandingkan matahari yang berjarak rata-rata 149.680.000 kilometer dari bumi.

Dan Adapun Jenis Gerhana Matahari Terbagi Menjadi 4 jenis.
  • Gerhana Total Terjadi pada saat puncak gerhana, dimana cahaya matahari tetutup sepenuhnya oleh bulan.
  • Gerhana Sebagian Terjadi apabila bulan (pada saat gerhana) hanya menutup sebagian dari matahari.
  • Gerhana Cincin Terjadi pada saat bulan, hanya menutup sebagian, dari matahari. dimana jenis gerhana seperti ini terjadi ketika ukuran bulatan bulan lebih kecil dari pada bulatan matahari. dan bagian bulatan matahari yang tidak tertutup oleh bulantan bulan, terlihat bercahaya seperti cincin
  • Gerhana Hibrida Bergesernya antara gerhana total dan cincin. dimana pada titik tertentu pada permukaan bumi. Gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada permukaan bumi yang lain, muncul sebagai gerhana cincin .Bisa dikatakan gerhana hibrida sangat jarang terjadi.
Cara Mengamati Gerhana Bulan

Cara aman untuk mengamati gerhana matahari adalah pada saat matahari perlahan tertutup bulan dan disaat kondisi langit berangsur menjadi gelap.Di anjurkan untuk mengunakan filter ataupun kacamata untuk melihat matahari.Dengan cara tidak melihat matahari langsung dengan terlalu fokus, disebabkan matahari belum tertutup semuanya.Karena sebagian sinar matahari yang belum tertutup masih memancarkan  sinar yang kuat hingga bisa merusak retina. 

Image result for gerhana matahari total 2016

Dan saat matahari tertutup dan langit menjadi gelap, maka kacamata bisa dilepas. Keindahan gerhana matahari total dapat disaksikan dengan langsung tanpa harus mengunakan kacamata.Selama 2 sampai 3menit, karena setelah itu matahari akan tersibak dan langit akan kembali cerah.

Nah sekian dulu tulisan dari saya semoga bisa bermanfaat untuk menambah sedikit pengetahuan tentang Gerhana Matahari dan Terimah Kasih Atas Kunjunganya


LihatTutupKomentar