-->

TELESKOP SATELIT EUCLID EROPA MELUNCURKAN FOTO PERTAMANYA

 Foto pertama yang diambil dari teleskop luar angkasa Euclid pada hari selasa yang di kutip dari jakarta post



Menampilkan gambar nebula yang menyerupai kepala kuda, galaksi jauh yang belum pernah terlihat sebelumnya, secara langsung dan masih berupa materi gelap

Pada bulan januari Euclid diluncurkan dalam misi pertamanya, yang bertujuan untuk menyelidiki misteri kosmik materi gelap dan energi gelap.

Hal ini dilakukan untuk memetakan sepertiga langit yg mencangkup 2 miliar galaksi. Dan untuk menciptakan apa yang disebut dengan sebagai peta 3D alam semesta yang paling akurat.

Telseskop luar angkasa james webb di tempat yang stabil, melayang 1,5 juta kilometer (lebih dari 930.000 mil) dari bumi.

Euclid mulai mengirimkan kembali observasi pertamanya. 5 buah gambar yang di luncurkan saat konfrensi pers di pusat operasi luar angkasa eropa di Darmstadt jerman.

Kepala badan antariksa eropa josef aschbacher berterimah kasih kepada lebih dari 3,600 orang yang berkontribusi pada proyek tersebut.

Direktur sains ESA Caroul Mundell mengatakan bahwa gambar area luas langit yang diambil dengan sangat cepat dengan ketajaman presisi setajam silet” itu menunjukan kemampuan dari Euclid, foto -foto yang menunjukan gambar dari nebula kepala kuda di dekatnya, dan juga galaksi spiral tidak beraturan.

Namun ilmuwan proyek Euclid Rene Laurejis mengatakan kepada AFP bahwa yang paling menarik bagi tim adalah gambar Gugus Perseus,

Kumpulan dari seribu  galaksi. Dari balik gugus tersebut terdapat lebih dari 100.000 galaksi tambahan.

Beberapa diantaranya berjarak 10 miliar tahun cahaya dan belum pernah terlihat sebelumnya, menurut ESA Jean Charles Cuillandre.

Sedangkan ilmuwan lain yang mengerjakan Euclid, mengatakan kepada AFP bahwa euclid berbeda dari teleskop luar angkasalainnya karena teleskop ini memeiliki sudut pandang yang sangat  luas” yang belum pernah terlihat dalam sejarah astronomi sebelumnya. 

Dan sebagai perbandingan, teleskop webb” melihat langit melalui lubang jarum. Yang tampilanya lebih lebar yg berarti kamera ini dapat menangkap gambar yang seluas  itu dengan sangat cepat dan  menyatukan banyak observesi yang berbeda.

Gambar yang di liris pada hari selasa, hanya membutuhkan waktu delapan jam 

untuk di tangkap oleh teleskop. ESA menjuluki Euclid sebagai “detektif alam

semesta gelap”, yang bertugas menyelidiki mengapa 95 persen alam semesta

hanya terdiri dari materi gelap dan energi gelap. Dan sangat sedikit sekali yang

kita ketahui. Materi gelap menyatukan galaksi-galaksi dan meyebabkan mereka

berputar lebih cepat daripada yang bisa dijelaskan oleh materi tampak energi

gelap mendorong percepatan perluasaan alam semesta, “jelas mundell.


Gambar awal Euclid telah menunjukan “ bukti tidak langsung” materi gelap,

Menurut Laurejis

Misalnya, dia mengatakan “mengejutkan” bahwa euclid tidak melihat bintang 

Bintang yg mengikuti gugus bola NGC 6397, kumpulan ratusan bintang. Salah satu teorinya adalah mungkin ada materi gelap di sekitar gugus bola yang menyatukan semua bintang kata Laurejis.sinar kosmik,sinar matahari, sinar X dengan menangkap cahaya yang membutuhkan waktu 10 miliar tahun untuk mencapai sekitar bumi.

Euclid juga menangkap bagaimana energi gelap telah mendorong perluasan alam semesta sejak Bing bang 13,8 miliar. Dan setelah para ilmuwan euclid mengumpulkan cukup data, para ilmuwan berencana membuat peta 3D ,dimensi ketiga adalah waktu.

Laurajis mengatakan peta itu akan memungkin kan orang untuk “berjalan melintasi sebagian langit ” dan kembali ke masa 10 miliar tahun yang lalu”.

Namun hal itu memerlukan waktu yang cukup lumayan untuk menunggu rilis data di masa depan selama misi enam tahun yang di rencanakan, dan tidak semua berjalan mulus untuk euclid.

Saat perangkat lunak pada sensor pesawat luar angkasa itu  terjadi error disebabkan oleh sinar kosmik, kata laurejis, dan membuat tim lapangan harus memasang perangkat lunak baru ke pesawat ruang angkasa.

Selain itu ada juga beberapa masalah yg membuat pengumpulan data tidaklah mudah. Diantaranya dari jilatan api sinar matahari yg sangat kuat terkadang dapat 

Dapat menimbulkan masalah untuk gambar sinar X. kata seorang maneger operasi pesawat luar angksa euclid, micha schmidt.tidak ada yg bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan itu. Dan terlepas dari itu semua merka mengatakan pada konfrensi pers bahwa mereka akan kehilangan tidga persen observasi.


LihatTutupKomentar